20 Januari 2023

Asal Usul Penggunaan Masker!

 



    Jakarta, Jum'at 20 Januari 2023 - Saat ini masker menjadi hal yang melekat dalam kehidupan kita sehari-hari dikarenakan wabah virus corona yang menyebar di awal tahun 2020 lalu. Sejak itu saat kita berpergian keluar rumah diharuskan memakai masker guna membantu mengurangi penyebaran virus dan menjaga agar tetap sehat. Namun apakah masker baru ada sejak COVID-19? Mari kita bahas bersama-sama. 

Abad ke-6 SM 
    Penemuan beberapa gambar para pelayan harus memakai kain sebagai penutup mulut dan hidung agar tak mempengaruhi bau dan rasa makanan. 

Abad ke-14 
    Wabah Black Death menyebar ke Eropa lalu muncul benda yang berbentuk masker wajah.

Abad ke-17
    Seorang sejarawan, Bonnie Triyana mengungkapan masker tertua dapat terlacak dimulai di Eropa pada abad ke-17 dengan bentuk menyerupai paruh barung dan dipakai untuk menghadapi penyakit yang tengah mewabah. Dipercaya wabah ini menyebar melalui miasma atau bau tidak sedap melalui udara. Penggunaan masker paruh burung ini cukup berbeda karena pada bagian moncong tersebut diberi rempah-rempah, tanaman daun, serta tanaman obat untuk mencegah penularan penyakit. 

Tahun 1848
    Desain masker kemudian mengalami terobosan maju pada abad ke-19. Masker buatan Amerika, Lewis Hassley yang diperuntukan bagi penambang menjadi masker pertama yang dipatenkan sebagai masker pelindung. Ini sekaligus menjadi tonggak dalam sejarah perkembangan masker wajah.

Tahun 1918
    Pada awal abad ke-20, masker sebenarnya telah digunakan oleh dokter dan suster. Namun penggunaannya kemudian meluas pada masa pandemi flu Spanyol di tahun 1918. Kewajiban menggunakan masker untuk mencegah persebaran flu ini menjadi sebuah kewajiban di Amerika Serikat pada saat itu. Kewajiban menggunakan masker pada masa pandemi flu Spanyol ini juga diterapkan di belahan dunia lain termasuk Jepang. Menurut sosiolog Mitsutoshi Horii, penggunaan masker pada saat itu dianggap sebagai sebuah simbol modernisasi.

Tahun 2020
    Pada pandemi COVID-19 ini, kasus pertama ditemukan di Wuhan, China dan kemudian menyebar ke negara-negara tetangga. Penggunaan masker menjadi sangat wajib dan dibutuhkan saat berpergian ke luar rumah. Bahkan di tahun 2023 ini, Jakarta masih menerapkan peraturan menggunakan masker saat berada di kendaraan umum.

    Setelah membaca sejarah masker dari abad ke abad, kita mengetahui masker sangat berguna untuk mengurangi, mencegah, dan melindungi kita dari terkena virus atau wabah penyakit. Walau di tahun 2023 ini penggunaan masker sudah tidak seketat pandemi 2020 tahun lalu, sejumlah orang mulai terbiasa dengan memakai masker. Selain untuk mencegah tertular penyakit, masker digunakan untuk menutupi masalah kulit, menghindari sengatan cahaya matahari, dan mennghindari polusi udara. Tentu masker akan sangat berguna jika memiliki kualitas yang baik, cek di sini untuk melihat masker berkualitas premium dengan harga murah. 

Cek juga Shopee dan Instagram toko kami untuk lebih lengkapnya! ^ ^

Source : www.cnnindonesia.com, m.merdeka.com, indonesiabaik.id